Gila Jantung Manusia Boleh Update Status Di Facebook



Trend jejaring sosial membuat hampir semua orang di dunia ketika ini gemar mengupdate status. Tahukah Anda? Kecanggihan teknologi membuat organ tubuh kita seperti jantung misalnya, juga boleh melakukan itu!

Ini bukan dongeng belaka, melainkan sebuah penemuan yang dikembangkan oleh para ilmuwan di lembaga ilmiah Imec di Eindhoven, Belanda. Mereka mengembangkan teknologi Body Area Network (BAN) wireless atau disebut Human++ BAN.

Bagaimana cara kerjanya? Dilapor New Scientist dan dikutip detikINET, Human++ BAN memungkinkan sensor berukuran sangat kecil ditanamkan pada organ tubuh tertentu. Fungsinya, mengirimkan data kesihatan tubuh seorang pesakit ke handphone melalui sebuah adapter kad memori SD.

Ya, rupanya teknologi ini memang diciptakan sebagai alat bantu di dunia perubatan. Dengan menggunakan sensor electrocardiogram berdaya rendah sebagai titik wireless, Human++ BAN mentransfer statistik penting dari jantung ke smartphone pengguna. Selanjutnya, data ini juga dikirimkan secara langsung ke doktor yang menangani pesakit melalui hubungan jaringan 3G atau wireless.

Uniknya, ketika terjadi sesuatu yang salah pada keadaan tubuh pesakit, Human++ BAN akan membunyikan alarm pada handphone si pengguna. Misalnya untuk memberitahukan bahawa denyutan jantung si pesakit terlalu tinggi.

Sistem Human++ BAN tak hanya bisa bekerja pada jantung, tetapi juga sistem angota tubuh lainnya. Imec mengklaim, teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk memonitor kondisi neurologis, bisa diterapkan bagi para atlet atau lainnya.

Gila Jantung Manusia Boleh Update Status Di Facebook Gila Jantung Manusia Boleh Update Status Di Facebook Reviewed by Admin on 9:15:00 PTG Rating: 5
Dikuasakan oleh Blogger.